2 Perkara Yang Pasti

“Barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, maka dia akan masuk Surga, dan barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan menyekutukan Allah dengan sesuatu, maka dia akan masuk Neraka.” (HR. Muslim)

Ketahuilah wahai saudaraku, bahwa ketaatan terbesar yang wajib kita laksanakan adalah tauhid; (mentauhidkan Allah Ta'ala), sebagaimana kemaksiatan terbesar yang harus kita hindari adalah kesyirikan.

Mentauhidkan Allah Ta'ala merupakan tujuan diciptakannya makhluk, tujuan diutusnya para rasul, tujuan diturunkannya kitab-kitab, dan merupakan pijakan pertama dan paling utama.

Kemudian lawan dari tauhid adalah syirik.

Kesyirikan memiliki banyak bahaya yang mengerikan, dan seharusnya kita benar-benar merasa takut terhadapnya. Karena orang yang meninggal dalam kesyirikan balasannya adalah neraka. Wana'udzu billah.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan pada sebuah hadits,

عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ مَا الْمُوْجِبَتَانِ؟ فَقَالَ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ، وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ. مُسْلِمٌ

Dari Jabir radhiallahu 'anhu berkata, ada seorang laki-laki yang mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dia bertanya:  Ya Rasulullah, Apakah 2 keniscayaan itu (2 perkara yang pasti) ?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab:

مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ، وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ
.
“Barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, maka dia akan masuk Surga, dan barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan menyekutukan Allah dengan sesuatu, maka dia akan masuk Neraka.” (HR. Muslim)

Semoga kita dijadikan hamba-hamba Allah yang selalu mentauhidkan-Nya, dan senantiasa menjauhi kesyirikan kepada Allah Ta'ala.

Aamiin...

Oleh: al-Ustadz Fuad Hamzah Baraba hafizhahullah

0 Comment for "2 Perkara Yang Pasti"

Rasulullah bersabda: “al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu.” Kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya dan kedua orangtuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Qur’an.” (HR. ath-Thabrani)

Back To Top