Tidurnya Orang Yang Berpuasa Adalah Ibadah?

“Sesungguhnya berbohong kepadaku tidak seperti berbohong kepada orang lain. Barangsiapa yang berbohong kepadaku dengan sengaja, maka disediakan baginya tempat di neraka”. (HR. Al-Bukhari no. 1391, dan Muslim no. 4)


Bismillah... semoga menjadi ilmu bagi yg belum faham.....

Ada sebuah hadits yang sangat populer di masyarakat dan sering terdengar ketika bulan Ramadhan. Diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi rahimahullah dalam kitab Syu’abul Iman, dari Abdullah bin Abu Aufa radhiyallahu ’anhu sesungguhnya Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصَمْتُهُ تَسْبِيحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

“Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya terkabulkan dan amalannya dilipat gandakan.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman 3/1437)

Sanadnya dilemahkan oleh Imam Al-Baihaqi rahimahullah, dia berkata:  Ma'ruf bin Hasan (salah seorang perawi hadits ini) lemah, dan Sulaiman bin Amr An-Nakha’i lebih lemah dari beliau. Al-Iraqi rahimahullah berkomentar dalam Takhrij Ihya’ Ulumuddin, Jilid 1 hal. 310: Sulaiman An-Nakha’i adalah salah seorang pendusta. Dilemahkan juga oleh Al-Manawi rahimahullah di kitab Faidhul Qadir, 9293. Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah mencantumkannya dalam kitab Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhaifah, no. 4696, dia berkata: (Hadits ini) lemah.

Seharusnya umat Islam secara umum (lebih ditekankan lagi para khatib dan penceramah) agar meneliti sebelum menyandarkan hadits kepada Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam. Tidak dibolehkan menyandarkan kepada beliau apa yang tidak beliau katakan. Karena beliau shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

“Sesungguhnya berbohong kepadaku tidak seperti berbohong kepada orang lain. Barangsiapa yang berbohong kepadaku dengan sengaja, maka disediakan baginya tempat di neraka”. (HR. Al-Bukhari, no. 1391, dan Muslim, no. 4)

Wallahu a’lam. Semoga Bermanfaat.

0 Comment for "Tidurnya Orang Yang Berpuasa Adalah Ibadah?"

Rasulullah bersabda: “al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu.” Kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya dan kedua orangtuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Qur’an.” (HR. ath-Thabrani)

Back To Top