Umar Radhiyallahu 'Anhu Memuntahkan Susu Yang la Minum Dari Harta Sedekah

“Mereka selalu cemas jangan sampai ada sesuatu yang syubhat masuk ke dalam tubuh mereka.”

Suatu ketika Umar bin al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu mencicipi susu. Ternyata rasa susu itu lain dari biasanya. Umar radhiyallahu ‘anhu langsung bertanya kepada pembawa susu tersebut, dari mana dan bagaimana mendapatkannya. Orang itu berkata, "Ada beberapa ekor unta hasil sedekah sedang memakan rumput di hutan. Lalu para penggembala unta itu memerah sedikit susu dari unta-unta itu, dan memberi saya sedikit." Mendengar itu, Umar radhyiallahu ‘anhu segera memasukkan jarinya ke mulut, lalu memuntahkan semua yang telah ia minum tadi.

Faedah:

Mereka selalu cemas jangan sampai ada sesuatu yang syubhat masuk ke dalam tubuh mereka. Tidak seperti kita, barang haram pun kita tidak mempedulikannya.

0 Comment for "Umar Radhiyallahu 'Anhu Memuntahkan Susu Yang la Minum Dari Harta Sedekah"

Rasulullah bersabda: “al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu.” Kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya dan kedua orangtuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Qur’an.” (HR. ath-Thabrani)

Back To Top