Sifat Wara’ Salman Al-Farisi Radhiallahu 'Anhu

“Jika tiba gajinya dia tidak mengambilnya. Dia makan hanya dari hasil kerja tangannya.” (Al-Wara oleh Al-Marwazi, hal. 26)


Berikut ini adalah kisah Salman Al-Farisi dengan sifat wara’nya yang penulis salin dari buku Sifat Wara’ Mutiara Kisah Salaf dalam Berinteraksi dengan Pekara Syubhat dan Haram, karya Ahmad bin Ali Soleh Dari Al-Hasan, ia berkata:

“Gaji Salman Al-Farisi 5000 dirham sebagai pejabat daerah Zuha yang berpenduduk 30 ribu kaum muslimin. Bila berceramah kepada manusia dia mengenakan jubah yang sekaligus digunakan separuhnya untuk alas duduknya. Jika tiba gajinya dia tidak mengambilnya. Dia makan hanya dari hasil kerja tangannya.” (Al-Wara oleh Al-Marwazi, hal. 26)

0 Comment for "Sifat Wara’ Salman Al-Farisi Radhiallahu 'Anhu"

Rasulullah bersabda: “al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu.” Kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya dan kedua orangtuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Qur’an.” (HR. ath-Thabrani)

Back To Top