“Allah akan meninggikan
orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu
pengetahuan beberapa derajat.” (QS. al-Mujadilah [58] : 11)
Kitab Matan Safiinah an-Najah (متن سفينة النجاة)
atau yang lebih sering disebut kitab Safinah merupakan sebuah kitab yang sangat
ringkas yang berisi kesimpulan-kesimpulan pembahasan mengenai aqidah dan fiqih.
Judul asli kitab ini adalah Safinah an-Najah fii maa Yajibu ‘ala al-‘Abdi lii Maulah
(سفينة النجاة فيما يجب على العبد لمولاه) yang berarti bahtera keselamatan dalam
mempelajari kewajiban seorang hamba terhadap Tuhannya. Kitab ini merupakan
kitab paling dasar untuk mempelajari fiqih Madzhab asy-Syafi’i. Matan Safinah
an-Najah ini ditulis oleh seorang ulama besar berkebangsaan Yaman, beliau
adalah asy-Syaikh Salim bin Abdullah bin Sa’d bin ‘Abdullah bin Sumair
al-Hadhrami al-Batawi asy-Syafi’i rahimahullah.
asy-Syaikh Salim bin Sumair
al-Hadhrami rahimahullah adalah
seorang ulama besar madzhab asy-Syafi’i yang berasal dari Hadhramaut, Yaman.
Beliau adalah seorang yang faqih dalam ilmu syari’at, dan juga ilmu siyasah
atau politik. Beliau pernah ditunjuk oleh pemerintah Yaman pada masa itu
menjadi delegasi pembeli senjata, hal ini karena beliau sangat mahir dalam
masalah persenjataan. asy-Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhrami rahimahullah sendiri wafat di Batavia,
Hindia Belanda pada tahun 1271 H. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala
merahmati beliau dan menempatkannya pada tempat yang tebaik.
Kitab Matan Safinah an-Najah
ini secara garis besar bahasannya berisi mengenai aqidah dan fiqih. Dimana
terdapat 56 pasal yang terdiri dari 3 pembahasan mengenai aqidah dan 53 pasal
pembahasan mengenai fiqih dengan rincian:
1. Kitab
Aqidah, terdiri dari 3 pasal.
2. Kitab
Thaharah, terdiri dari 18 pasal.
3. Kitab
Shalat, terdiri dari 27 pasal.
4. Kitab
Jenazah, terdiri dari 7 pasal.
5. Kitab
Zakat, terdiri dari 1 pasal.
Kitab ini hanya memuat
pembahasan hingga zakat saja karena pada dasarnya kitab ini belumlah selesai
ditulis. Akan tetapi kitab ini mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari
kaum muslimin dan para ulama, terlebih lagi para ulama bermadzhab asy-Syafi’i.
Kaum muslimin dimana pun biasa mempelajari dan memakai kitab Matan Safinah an-Najah
ini. Bahkan kitab ini hampir dipakai sebagai kitab wajib di setiap pesanten di
Nusantara. Kitab ini pun dipakai di berbagai penjuru negeri seperti di Yaman
dan juga Afrika. Hal ini menjadi sebuah indikator keikhlasan dan ketulusan
penulis dalam menulis kitab ini.
Mengenai kitab Matan Safinah
an-Najah ini, asy-Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani al-Makki
asy-Syafi’i rahimahullah
menambahkan satu pembahasan lagi yaitu pembahasan mengenai kitab puasa yang
terdiri dari 8 pasal yang kemudian hari terus dicantumkan bersama kitab
aslinya, sehingga beberapa ulama mengatakan bahwa kitab Matan Safinah an-Najah
ini adalah tulisan mereka berdua. Alasan yang mengakibatkan asy-Syaikh Nawawi
al-Bantani rahimahullah
menambahkan pembahasan mengenai kitab puasa adalah bahwasanya banyak sekali
individu yang terbebani dengan ibadah ini terlebih lagi ibadah ini bersifat
fardhu dan terus berulang setiap tahunnya yaitu di bulan Ramadhan. Sedangkan
mengenai kitab haji maka beliau tidak menulisnya dengan alasan sedikitnya
individu yang terbebani dengan ibadah ini dan juga karena membutuhkan
pembahasan yang lebih panjang.
Kitab Matan Safinah an-Najah
ini telah di syarah oleh para ulama dari seluruh penjuru dunia yang diantara
lain oleh:
1. asy-Syaikh
Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani al-Makki rahimahullah dalam ktab Kasyifah as-Saja’
syarh Safinah an-Najah dimana beliau menambahkan pembahasan mengenai Kitab
Puasa yang terdiri dari 8 pasal.
2. asy-Syaikh
Ahmad bin Umar asy-Syathiri al-Hadhrami rahimahullah dalam
kitab Nail ar-Raja’ bi Syarh Safinah an-Naja’.
3. asy-Syaikh
Muhammad Husain al-Maliki al-Makki rahimahullah dalam
Kitab Inarah ad-Duja bi Tanwir al-Huja bi Nazhami Safinah an-Najah. Untuk
Nazhamnya dinazham oleh Kyai Lasem atau asy-Syaikh Ahmad bin Shiddiqi al-Lasemi
rahimahullah. Kitab Syarah ini merupakan
kitab syarah yang besar.
4. asy-Syaikh
Hasan bin Umar asy-Syairazi rahimahullah dalam
kitab Washilah ar-Raja’ Syarh Safinah an-Naja.
5. asy-Syaikh
Utsman bin Muhammad Sa’id Tankil rahimahullah dalam
kitab Sulam ar-Raja’ bi Syarh Safinah an-Naja.
6. asy-Syaikh
Muhammad bin Ali Ba’athiyyah al-Hadhrami hafizhahullah dalam kitab
Ghayah al-Muna syarh Safinah an-Naja. Kitab ini merupakan kitab syarah yang
paling luas pembahasannya, selain mensyarah mengenai 56 pasal dalam kitab Matan
aslinya yang ditulis oleh asy-Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhrami rahimahullah, beliau juga mensyarah Kitab
Puasa yang terdiri dari 8 pasal yang merupakan tambahan dari asy-Syaikh Nawawi
al-Bantani rahimahullah dalam
kitab Kasyifah as-Saja. asy-Syaikh Muhammad bin Ali Ba’athiyyah hafizhahullah
juga menambahkan Kitab Haji yang terdiri dari 12 pasal sehingga lengkaplah
syarah ini mencakup seperempat ibadah. Kitab ini telah memperoleh banyak pujian
dari kalangan ulama. Namun yang perlu diperhatikan dan juga diwaspadai dalam
kitab ini adalah bahwasanya asy-Syaikh Muhammad bin Ali Ba’athiyyah hafizhahullah
ketika membahas mengenai permasalahn aqidah tidak mengacu kepada aqidah
Ahlussunnah wal Jama’ah, akan tetapi beliau mengacu kepada aqidah Asy’ariyyah.
Hukum Mempelajari Kitab Matan Safinah an-Najah
Dalam website pribadi
asy-Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid hafizhahullah, beliau pernah
ditanya mengenai hukum mempelajari kitab Matan Safinah an-Najah. Berikut
penjelasan beliau hafizhahullah:
السؤال :
ما هو حكم قراءة كتاب سفينة النجاة في أصول الدين والفقه
للشيخ سالم بن سمير الحضرمي ؟ وما هي الأحاديث الضعيفة الموجودة في هذه السفينة ؟
وما هو حكم قراءة كتاب سفينة الصلاة للشيخ عبد الله بن عمر بن يحي الحضرمي ؟ وما
هي الأحاديث الضعيفة الموجودة في هذا الكتاب ؟
الجواب :
الحمد لله
أولا :
فإن كتاب متن سفينة النجاة في أصول الدين والفقه للشيخ
سالم بن سمير الحضرمي رحمه الله كتاب مختصر على مذهب الإمام الشافعي رحمه الله ،
اختصر فيه المؤلف بعض مسائل العقيدة والعبادات ، ولم يذكر فيه أحاديث عن النبي صلى
الله عليه وسلم ، لا صحيحة ولا ضعيفة ، وإنما هو مُؤَلَّف جار على عادة المؤلفين
في طلب الاختصار وحذف النصوص والأدلة .
فهو كتاب مختصر لا بأس به في الجملة ، صنفه مصنفه على
مذهب الإمام الشافعي رحمه الله ، ولا يكاد يؤخذ عليه فيه إلا بعض الاختيارات الفقهية
الضعيفة المردودة أو المرجوحة ، وهذا لا يقدح في الكتاب ، لأنه كعادة المتون
والمصنفات الفقهية يعتني بذكر قول المذهب في المسألة ، ولا يعتني بذكر اختياره ،
إن كان له اختيار خاص ، ولا تحرير المسائل وتنقيحها .
فطالب العلم ينتفع به بقدر ذلك : أنه كتاب مذهبي ، يتعلم
فيه مسائل الفقه على مذهب إمام من الأئمة المعتبرين المتبوعين ، ثم متى تبين له من
السنة شيء يخالف ما قرره المذهب ، لم يحل له أن يدع سنة النبي صلى الله عليه وسلم
، لقول كائن من كان من البشر .
ثانيا :
كتاب سفينة الصلاة لعبد الله بن عمر الحضرمي رحمه الله
مثله أيضا ، متن مختصر ، ابتدأه ببعض أصول الدين ، ثم جملة مختصرة من أحكام
العبادات ، ليس فيه أحاديث نبوية لما تقدم من جريان العمل في المختصرات على حذف
الأدلة ، والاكتفاء بالمدلول في صورة موجزة ، تسهيلا لحفظه واستيعابه .
والقول فيه كالقول في الكتاب السابق من هذه الحيثية .
ثالثا :
ليس في الكتابين من مسائل العقيدة ما نستطيع به أن تعرف
حقيقة معتقد المؤلفين ، أما سفينة النجاة فكل الذي ذكره في مسائل العقيدة هو ما
يلي :
أركان الإسلام خمسة : شهادة أن لا إله إلا الله وأن
محمدا رسول الله ، وإقام الصلاة ، وإيتاء الزكاة وصوم رمضان ، وحج البيت من استطاع
إليه سبيلا .
أركان الإيمان ستة : أن تؤمن بالله ، وملائكته ، وكتبه ،
ورسله ، وباليوم الآخر ، وبالقدر خيره وشره من الله تعالى .
ومعنى لا إله إلا الله لا معبود بحق في الوجود إلا الله
.
والكتاب الآخر ذكر الشهادتين ومعناهما ، وأن الله متصف
بكل كمال منزه عن كل نقص ، وما خطر بالبال ، ولا يماثل في ذاته وصفاته وأفعاله
أحدا .
وكل من السني والأشعري يقول هذا الكلام ؛ وإن كان ما
يطلقونه من نفي كل ما خطر بالبال عن الله جل جلاله غير سديد ولا محرر، كما سبق
بيانه في جواب السؤال رقم ١٩٦٢٢٧ .
وبالجملة فلا بأس بالنظر في هذين الكتابين ودراستهما ،
وخاصة لمن يتعلم العلم على مذهب الإمام الشافعي رحمه الله .
وراجع لمزيد الفائدة جواب السؤال رقم ١٣٠٢١٠ ، والله
تعالى أعلم .
Pertanyaan:
Apakah
hukum membaca kitab Safinah an-Naja fi Ushul ad-Din wa al-Fiqh karya asy-Syaikh
Salim bin Sumair al-Hadhrami? Dan hadits palsu apa yang termuat dalam Safinah
ini? Dan apa hukum membaca kitab Safinah ash-Shalat karya asy-Syaikh Abdullah
bin Umar bin Yahya al-Hadhrami? Dan hadits-hadits palsu apa yang tercentum
dalam kitab ini?
Jawaban:
Segala
puji hanya milik Allah.
Pertama,
sejatinya kitab Matan Safinah an-Naja fi Ushul ad-Din wa al-Fiqh karya
asy-Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhrami rahimahullah merupakan kitab yang ringkas ‘alaa madzhab
al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah.
Penulis telah meringkas sebagian permasalahan aqidah dan ibadah, dan beliau
tidak menyebutkan hadits Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam, baik yang shahih maupun yang dha’if. Akan
tetapi penulis melakukan sebagaimana kebiasaan para penulis dalam meringkas dan
menghilangkan nash dan dalil.
Maka
ia merupakan kitab ringkas yang secara umum tidak masalah. Penulis telah
mengarangnya berdasarkan madzhab al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah. Dan nyaris tidak ada
yang perlu dikeritik kecuali sebagian pendapat-pendapat fiqih yang lemah
tertolak atau tidak kuat. Dan hal semacam ini tidak membuat kitab dicela karena
ia sebagaimana kebiasaan matan-matan dan kerangan-karangan dalam bidang fiqih
yang perhatian menyebutkan pendapat madzhab dalam suatu masalah, dan tidak
perhatian menyebutkan pendapat pilihannya meskipun ia (penulis) mempunyai
pendapat pilihan khusus, dan juga tidak mengoreksi permasalahan.
Maka
penuntut ilmu mendapatkan manfaatnya sebatas itu, bahwa ia merupakan kitab
bermadzhab, di dalamnya ia belajar permasalahan-permasalahan fiqih berdasarkan
madzhab salah seorang imam yang diakui dan dipanuti. Selanjutnya jika ia
menjumpai sunnah yang menyelisihi apa yang ditetapkan madzhab, maka ia tidak
dihalalkan meninggalkan sunnah Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam karena pendapat manusia mana pun.
Kedua,
kitab Safinah ash-Shalah karya ‘Abdullah bin Umar al-Hadhrami rahimahullah juga semisalnya. Beliau
mengawalinya dengan sebagian pokok-pokok agama kemudian sejumlah hukum-hukum
peribadatan secara ringkas. Di dalamnya tidak terdapat hadits nabawi
sebagaimana yang telah lalu berupa kebiasaan pekerjaan dalam ringkasan dengan
membuang dalil dan mencukupkan dengan yang didalili (permasalahan) dalam bentuk
yang ringkas agar mudah dihafalkan. Pendapat tentangnya sebagaimana pendapat
tentang kitab terdahulu.
Ketiga,
di dalam kedua kitab ini tidak ada permasalahan-permasalahan ‘aqidah yang dapat
membuat kita bisa mengetahui ‘aqidah kedua penulis. Adapun Safinah an-Naja,
maka yang semua yang dibicarakannya dalam permasalahan ‘aqidah sebagai berikut:
Rukun-rukun
Islam ada lima: bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain
Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, menunaikan shalat, membayar
zakat, puasa Ramadhan, haji ke rumah Allah bagi siapa yang mampu menempuh
jalannya.
Rukun-rukun
iman ada enam: Anda beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,
para utusan-Nya, hari akhir dan qadar yang baik maupun yang buruk dari Allah subhanahu wa ta’ala.
Dan
makna laa ilaaha illallah adalah tidak ada tuhan yang haq di alam ini selain
Allah.
Dan
kitab terakhir menyebutkan dua syahadat dan maknanya, dan bahwa Allah bersifat
dengan setiap kesempurnaan, suci dari setiap kekurangan, dan apa yang terbetik
dalam benak. Dzat, sifat, dan perbuatan-Nya tidak ada yang menyerupai seorang
pun.
Dan
semua Ahlus Sunnah maupun Asy’ariyyah berpendapat semacam ini, meskipun apa
yang mereka mutlakkan berupa penafian setiap apa yang terbetik dalam benak
tentang Allah jalla jalaluh tidak
benar dan tidak teliti sebagaimana yang telah lalu penjelasannya dalam jawaban
soal no. 196227.
Maka secara umum membaca dan mempelajari kedua kitab
ini tidak mengapa, khususnya bagi siapa yang mempelajari ilmu berdasarkan
madzhab al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah. Untuk tambahan faidah lihat kembali jawaban soal no.
130210. Allahu a’lam.[1]
Demikianlah fatwa asy-Syaikh
Muhammad Shalih al-Munajjid hafizhahullah mengenai hukum mempelajari
kitab Matan Safinah an-Najah. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memudahkan kita dalam memahami syari’at
agama-Nya. Wa shallallahu ‘alaa sayyidina Muhammad. Semoga bermanfaat.
[1]
http://islamqa.info/ar/ref/185707
Referensi
- al-Qur’an al-Kariim
- http://islamqa.info/ar/ref/185707
0 Comment for "Matan Safinah an-Najah"