Terjemah Matan Safinah an-Najah (Kitab Shalat)

“Jika seseorang manusia meninggal, maka terputuslah darinya amalannya kecuali dari tigal perkara: dari sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang mendo’akannya.” (HR. Muslim no. 1631)


Kitab Matan Safinah an-Najah (متن سفينة النجاة) atau yang lebih sering disebut kitab Safinah merupakan sebuah kitab yang sangat ringkas yang berisi kesimpulan-kesimpulan pembahasan mengenai aqidah dan fiqih. Judul asli kitab ini adalah Safinah an-Najah fii maa Yajibu ‘ala al-‘Abdi lii Maulah (سفينة النجاة فيما يجب على العبد لمولاه) yang berarti bahtera keselamatan dalam mempelajari kewajiban seorang hamba terhadap Tuhannya. Kitab ini merupakan kitab paling dasar untuk mempelajari fiqih Madzhab asy-Syafi’i. Matan Safinah an-Najah ini ditulis oleh seorang ulama besar berkebangsaan Yaman, beliau adalah asy-Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhrami rahimahullah. Beliau menulis kitab ini namun tidak menyelesaikannya. Beliau hanya menulis 5 kitab yang terdiri dari 56 pasal. Kitab tersebut adalah pembahasan mengenai kitab aqidah, kitab thaharah, kitab shalat, kitab jenazah dan kitab zakat. Kemudian untuk menyempurnakan kitab Matan Safinah an-Najah, ulama berkebangsaan Nusantara yaitu asy-Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani rahimahullah melanjutkan dengan menuliskan kitab puasa yang terdiri dari 8 pasal. Dan pada kemudian hari semakin disempurnakan kembali oleh ulama berkebangsaan Yaman yaitu asy-Syaikh Muhammad bin Ali Ba’athiyyah hafizhahullah dengan menambahkan kitab haji yang terdiri dari 12 pasal.

Berikut ini adalah terjemah Kitab Matan Safinah an-Najah yang penulis ambil dari kitab Matan Safinah an-Najah terbitan Dar al-Minhaj, Beirut, Lebanon cetakan 1430 H yang kemudian penulis terjemahkan.

asy-Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhrami rahimahullah berkata:

(فصل) أعذار الصلاة اثنان :
النوم ، والنسيان .

(فصل) شروط الصلاة ثمانية :
طهارة الحدثين ، والطهارة عن النجاسة في الثوب والبدن والمكان ، وستر العورة ، واستقبال القبلة ، ودخول الوقت ، والعلم بفريضتة ، وألايعتقد فرضا من فروضها سنة ، واجتناب المبطلات .

الأحداث اثنان : أصغر وأكبر ، فالأصغر : ما أوجب الوضوء ، والأكبر : ما أوجب الغسل .

العورات أربع :
عورة الرجل مطلقا والأمة في الصلاة : ما بين السرة والركبة .
وعورة الحرة في الصلاة : جميع البدنها ما سوى الوجه و الكفين .
وعورة الحرة و الأمة عند الأجانب : جميع البدن .
وعند محارمهما والنساء : ما بين السرة و الركبة .

(فصل) أركان الصلاة سبعة عشر :
الأول : النية . الثاني : تكبيرة الإحرام . الثالث : القيام على القادر في الفرض . الرابع : قراءة الفاتحة . الخامس : الركوع . السادس : الطمأنينة فيه . السابع الإعتدال ،الثامن الطمأنينة فيه ، التاسع : السجود مرتين . العاشر : الطمأنينة فيه . الحادي عشر : الجلوس بين السجدتين . الثاني عشر : الطمأنينة فيه . الثالث عشر : التشهد الأخير . الرابع عشر : القعود فيه . الخامس عشر : الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيه . السادس عشر : السلام . السابع عشر : الترتيب .

(فصل) النيه ثلاث درجات :
إن كانت الصلاة فرضا.. وجب قصد الفعل ، والتعيين ، والفرضية .
وإن كانت نافلة مؤقتة ؛ كراتبة او ذات سبب.. وجب قصد الفعل ، والتعيين .
وان كانت نافلة مطلقة.. وجب قصد الفعل فقط .
الفعل : أصلي ، والتعيين : ظهرا أو عصرا ، و الفرضية : فرضا .

(فصل) شروط تكبيرة الإحرام ستة عشرة :
أن تقع حالة القيام في الفرض ، وأن تكون بالعربيه ، وأن تكون بلفظ الجلالة وبلفظ (أكبر) ، والترتيب بين اللفظتين ، وألايمد همزة الجلالة ، وعدم مد باء (أكبر) ، وألا يشدد الباء ، وألا يزيد واواً ساكنة أو متحركة بين الكلمتين ، وألا يزيد واوا قبل الجلالة ، وألا يقف بين كلمتي التكبير وقفة طويلة ولا قصيرة ، وأن يسمع نفسة جميع حروفها ودخول الوقت في المؤقت وإيقاعها حال الإستقبال ، وألا يخل بحرف من حروفها وتأخير تكبيرة المأموم عن تكبيرة الإمام .

(فصل) شروط الفاتحة عشرة :
الترتيب ، والموالاة ، ومراعاة تشديداتها ، وألا يسكت سكتة طويلة ولا قصيرة يقصد قطع القراءة ، وقراءة كل آياتها ومنها البسملة ، وعدم اللحن المخل بالمعنى ، وأن تكون حالة القيام في الفرض ، وأن يسمع نفسة القراءة ، وألا يتخللها ذكر أجنبي .

(فصل) تشديدات الفاتحة أربع عشرة :
(بسم الله)  فوق اللام ، (الرحمن) فوق الراء ، (الرحيم) فوق الراء ، (الحمد لله) فوق لام الجلالة ، (رب) العالمين فوق الباء ، (الرحمن) فوق الراء ، (مالك) يوم الدِّين فوق الدال ، (إياك نعبد) فوق الياء ، (إياك نستعين) فوق الياء ، (اهدنا الصراط المستقيم) فوق الصاد ، (صراط الذين) فوق اللام ، (أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الصالين) فوق الضاد واللام .

(فصل) يسن رفع اليدين في أربعة مواضع :
عند تكبيرة الإحرام ، وعند الركوع ، وعند الإعتدال ، وعند القيام من التشهد الأول .

(فصل) شروط السجود سبعة :
أن يسجد على سبعة أعضاء ، وأن تكون جبهته مكشوفة ، والتحامل برأسة ، وعدم الهوى لغيره ، وألا يسجد على شيء يتحرك بحركته ، وارتفاع أسافلة على أعالية ، والطمأنينة فية .

(خاتمة) أعضاء السجود سبعة :
الجبهة ، وبطون الكفين ، والركبتان ، وبطون الأصابع والرجلين .

(فصل) تشديدات التشهد إحدى وعشرون :
خمس في أكمله ، وستة عشر في أقلة : (التحيات) على التاء والياء ، (المباركات الصلوات) على الصاد ، (الطيبات) على الطاء والياء ، (لله) على لام الجلالة ، (السلام) على السين ، (عليك أيها النبي) على الياء والنون والياء ، (ورحمه الله) على لام الجلاله ، (وبركاته السلام) على السين ، (علينا وعلى عباد الله) على لام الجلاله ، (الصالحين) على الصاد ، (أشهد أن لا إله) على لام ألف ، (إلا الله) على لام ألف ولام الجلاله ، (وأشهد أن) على النون ، (محمدا رسول الله) على ميم محمدا وعلى الراء وعلى لام الجلاله .

(فصل) تشديدات أقل الصلاة على النبي أربع :
(اللهم) على اللام و الميم ، (صل) على اللام ، (على محمد) على الميم .

(فصل) أقل السلام : (السلام عليكم) ، تشديد السلام على السين .

(فصل) أوقات الصلاة خمسة :
أول وقت الظهر : زوال الشمس ، وآخره : مصير ظل الشيء مثله غير ظل الإستواء .
وأول وقت العصر : إذا صار ظل كل شيء مثله وزاد قليلا ، وآخره : غروب الشمس .
وأول وقت المغرب : غروب الشمس ، وآخره : غروب الشفق الأحمر .
وأول وقت العشاء : غروب الشفق الأحمر ، وآخره : طلوع الفجر الصادق .
وأول وقت الصبح : طلوع الفجر الصادق ، وآخره : طلوع الشمس .
الأشفاق ثلاثة : أحمر وأصفر وأبيض ، الأحمر : مغرب ، والأصفر والأبيض عشاء .
ويندب تأخير صلاة العشاء إلى أن يغيث الشفق الأصفر والأبيض .

(فصل) تحرم الصلاة التي ليس لها سبب متقدم ولا مقارن في خمسة أوقات :
عند طلوع الشمس حتى ترتفع قدر رمح .
وعند الإستواء في غير يوم الجمعة حتى تزول .
وعند الإصفرار حتى تغرب .
وبعد صلاة الصبح حتى تطلع الشمس .
وبعد صلاة العصر حتى تغرب .

(فصل) سكتات الصلاة ست : بين تكبيرة الإحرام ودعاء الإفتتاح ، وبين دعاء الإفتتاح و التعوذ ، وبين الفاتحة والتعوذ ، وبين آخر (الفاتحة) و(آمين) ، وبين (آمين) والسورة ، وبين السورة والركوع .

(فصل) الأركان التي تلزمه فيها الطمأنينة أربعة :
الركوع ، والإعتدال ، والسجود ، والجلوس بين السجدتين .
الطمأنينة : هي سكون بعد حركة بحيث يستقر كل عضو محله بقدر (سبحان الله) .

(فصل) أسباب سجود السهو أربعة :
الأول : ترك بعض من أبعاض الصلاة أو بعض البعض .
الثاني : فعل مايبطل عمده ولايبطل سهوه ، إذا فعله ناسيا .
الثالث : نقل ركن قولي إلى غير محله .
الرابع : إيقاع ركن فعلي مع احتمال الزيادة .

(فصل) أبعاض الصلاة سبعة :
التشهد الأول ، وقعوده ، والصلاه على النبي صلى الله عليه وسلم فيه ، والصلاه على الآل التشهد الأخير ، والقنوت ، والصلاة على النبي صلى الله علية وسلم وآله فيه .

(فصل) بالحدث ، وبوقوع النجاسة إن لم تلق حالا من غير حمل ، وانكشاف العورة إن لم تستر حالا ، والنطق بحرفين أو حرف مفهم عمدا ، وبالمفطر عمدا ، والأكل الكثير ناسيا ، وثلاث حركات متواليات ولو سهوا ، والوثبة الفاحشة والضربة المفرطة ، وزيادة ركن فعلي عمدا ، والتقدم على إمامه بركنين فعليين ، والتخلف بهما بغير عذر ، ونية قطع الصلاة ، وتعليق قطعها بشيء ، والتردد في قطعها .

(فصل) الذي يلزم فية نية الإمامة أربع :
الجمعة ، والمعاداة ، والمنذورة جماعة ، والمتقدمة في المطر .

(فصل) شروط القدوة أحد عشر :
ألا يعلم بطلان صلاة إمامة بحدث أو غيرة ، وألا يعتقد وجوب قضائها عليه ، وألا يكون مأموما ولا أميا ، وألا يتقدم علية في الموقف ، وأن يعلم انتقالات إمامة ، وأن يجتمعا في مسجد أو في ثلثمائة ذراع تقريبا ، وأن ينوي القدوة أو الجماعة ، وأن يتوافق نظم صلاتيهما ، وألا يخالفه في سنة فاحشة المخالفة ، وأن يتابعة .

(فصل) صور القدوة تسع :
تصح في خمس : قدوة رجل برجل ، وقدوة امرأه برجل ، وقدوة خنثى برجل ، وقدوة امرأة بخنثى ، وقدوة امرأة بامرأة .
وتبطل في أربع : قدوة رجل بامرأة ، وقدوة رجل بخنثى، وقدوة خنثى بامرأة، وقدوة خنثى بخنثى .

(فصل) شروط جمع التقديم أربعة :
البداءة بالأولى ، ونية الجمع ، والموالاة بينهما ، ودوام العذر .

(فصل) شروط جمع التأخير إثنان :
نية التأخير وقد بقي من وقت الأولى مايسعها ، ودوام العذر إلى تمام الثانية .

(فصل) شروط القصر سبعة :
أن يكون سفره مرحلتين ، وأن يكون مباحا ، والعلم بجواز القصر ، ونيه القصر عند الإحرام ، و أن تكون الصلاة رباعية ، ودوام السفر إلى تمامها، وألا يقتدي بمتم في جزء من صلاتة .

(Pasal) Udzur shalat itu ada 2: Tidur dan lupa.

(Pasal) Syarat shalat itu ada 8: Suci dari 2 hadats (besar dan kecil), suci dari najis pada pakaian, badan, dan tempat, menutup aurat,  menghadap kiblat, masuk waktu, mengetahui fardhu shalat, tidak meyakini fardhu shalat sebagai sunnah, dan menjauhi pembatal-pembatalnya.

Hadats itu ada 2: ashghar (kecil seperti kencing) dan akbar (besar seperti junub), ashghar: hadats yang mewajibkan wudhu, dan akbar: yang mewajibkan mandi.

Aurat itu ada 4: Aurat lelaki mutlak (maksudnya, di dalam shalat dan luar shalat) dan wanita di dalam shalat: antara pusar dan lutut. Aurat wanita merdeka (bukan budak) di dalam shalat: seluruh badannya selain wajah dan telapak tangan. Aurat wanita merdeka dan budak wanita terhadap lelaki asing: seluruh badannya. Sementara aurat keduanya terhadap mahram dan wanita lain: antara pusar dan lutut.

(Pasal) Rukun shalat itu ada 17: Pertama: niat, kedua: takbiratul ihram, ketiga: berdiri bagi yang mampu dalam shalat wajib, keempat: membaca al-Fatihah, kelima: ruku’, keenam: thuma’ninah ketika ruku', ketujuh: i’tidal, kedelapan: thuma’ninah ketika i’tidal, kesembilan: sujud dua kali, kesepuluh: thuma’ninah ketika sujud, kesebelas: duduk antara dua sujud, keduabelas: thuma’ninah ketika duduk antara dua sujud, ketigabelas: tasyahhud akhir, keempat belas: duduk tasyahud akhir, kelima belas: shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, keenam belas: salam, ketujuh belas: tertib.

(Pasal) Niat itu ada 3 tingkatan: Jika shalat fardhu.. maka wajib menyengaja berbuat dan ta’yin (menentukan jenis shalat) serta fardhiyah (menyatakan kefardhuan). Jika shalat sunnah muaqqat (yang ditentukan waktunya); seperti sunnah rawatib atau yang memiliki sebab.. maka wajib menyengaja berbuat dan ta’yin. Jika shalat sunnah mutlak (tidak terikat waktu).. maka wajib menyengaja berbuat saja. Yang dimaksud berbuat: ucapan ushalli (aku shalat), ta’yin (menetukan jenis shalat): ucapan Zhuhur atau Ashar, dan fardhiyyah: fardhu.

(Pasal) Syarat takbiratul ihram itu ada 16: Dibaca saat berdiri dalam shalat fardhu, berbahasa Arab, berlafazh jalalah (Allah) dan berlafazh Akbar, tertib (urut) antara dua lafazh tersebut, hamzah jalalah tidak boleh dipanjangkan, Ba' akbar tidak dipanjangkan, Ba' akbar tidak ditasydid, tidak ditambah dengan wawu mati atau berharakat di antara dua kata itu, tidak boleh ditambah wawu sebelum jalalah, tidak berhenti di antara dua lafazh takbir baik lama atau sebentar, dirinya mendengar semua huruf-hurufnya, masuk waktu dalam shalat muaqqat, terjadinya sewaktu menghadap qiblat, tidak merubah satu pun dari huruf-huruf takbir, dan mengakhirkan takbir makmum dari takbir imam.

(Pasal) Syarat al-Fatihah itu ada 10: Tertib, muwalah (urut dan tidak disela), menjaga hurufnya, menjaga tasydidnya, tidak berhenti lama atau sebentar dalam memutus bacaan,  membaca semua ayatnya termasuk basmalah, tidak lahn (salah baca) yang bisa merubah makna,  membacanya dengan berdiri saat shalat Fardhu, dirinya mendengarkan bacaannya, dan tidak menyela-nyelanya dengan zikir lainnya.

(Pasal) Tasydid al-Fatihah itu ada 14: (Bismillahi) tasydidnya di atas huruf Lam, (ar-Rahmani) di atas Ra', (ar-Rahim) di atas Ra', (alhamdu lillahi) di atas Lam jalalah, (rabbil ‘alamin) di atas Ba', (ar-Rahmani) di atas Ra', (ar-Rahimi) di atas Ra', (ad-Dini) di atas Dal, (iyyaka na’budu) di atas Ya', (iyyaka nasta‘inu) di atas Ya', (ihdinash shirathal mustaqim) di atas Shad, (shirathal ladziina) di atas Lam,  (an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi ‘alaihim waladh dhallin) di atas Dhad dan Lam.

(Pasal) Disunnahkan menggangkat kedua tangan di 4 tempat: Takbiratul ihram, saat ruku, saat itidal, dan saat bangkit dari tasyahhud awwal.

(Pasal) Syarat sujud itu ada 7: Sujud di tujuh anggota sujud, dahinya terbuka, meletakkan kepalanya, tidak meniatkan untuk selain sujud, tidak sujud di atas sesuatu yang bergerak-gerak, kepala lebih rendah dari pantat, thuma’ninah.

(Khatimah) Anggota sujud itu ada 7: Dahi, dua telapak tangan bagian dalam, dua lutut, jari-jari dua kaki.

(Pasal) Tasydid tasyahhud itu ada 21, yang 5 penyempurna dan 16 sisanya yang minimal: (at-Tahiyyatu) pada Ta' dan Ya', (al-Mubarakatus shalawatu) pada Shad, (ath-Thayyibatu) pada Tha' dan Ya', (lilllah) pada Lam, (as-Salamu) pada Sin, (‘alaika ayyuhan nabiyyu) pada Ya', Nun dan Ya', (wa rahmatullahi) pada Lam jalalah, (wa barakatahu as-Salam) pada Sin, (‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahi) pada Lam jalalah, (ash-Shalihin) pada Shad, (asyhadu an laa ilaha) pada Lam Alif, (illallahu) pada Lam Alif dan Lam jalalah, (wa asyhadu anna) pada Nun, (muhammadan rasulullahi) pada Mim, Ra' dan Lam jalalah.

(Pasal) Tasydid minimal dalam shalawat kepada Nabi itu ada 4: (Allahumma) pada Lam dan Mim, (shalli) pada Lam, (‘ala muhammadin) pada Mim.

(Pasal) Paling sedikit ucapan salam: (as-Salamu ‘alaikum), tasydid as-salam pada Sin.

(Pasal) Waktu shalat itu ada 5: Awal waktu zhuhur: tergelincirnya matahari, dan akhir waktunya: jika bayang-bayang sesuatu panjangnya sama dengan bendanya. Awal waktu ashar: jika bayang-bayang sesuatu sama panjangnya dengan bendanya dan lebih sedikit, dan akhir waktunya: terbenamnya matahari. Awal waktu maghrib: terbenamnya matahari, dan akhir waktunya: hilangnya mega merah. Awal waktu isya: hilangnya mega merah, dan akhir waktunya: munculnya fajar shadiq. Awal waktu shubuh: munculnya fajar shadiq, dan akhir waktunya: terbitnya matahari. Mega itu ada 3: mega merah, kuning, dan putih, mega merah: tanda maghrib, sementara kuning dan putih tanda Isya. Disunnahkan mengakhirkan shalat isya hingga hilangnya mega merah dan putih.

(Pasal) Shalat yang diharamkan yang tidak memiliki sebab yang mendahuluinya atau menyertainya ada 5 waktu: Saat matahari terbit hingga meninggi sekitar ujung tombak. Saat waktu istiwa (matahari di tengah-tengah) selain hari Jum’at hingga bergeser. Saat kekuning-kuningan hingga matahari terbenam. Setelah shalat shubuh hingga matahari terbit. Setelah shalat ashar hingga matahari terbenam.

(Pasal) Saktah (berhenti sejenak) dalam shalat itu ada 6: antara takbiratul ihram dan doa iftitah, antara doa iftitah dan ta’awwudz, antara al-Fatihah dan ta’awwudz, antara akhir al-Fatihah dan amin, antara amin dan surat, antara surat dan ruku'.

(Pasal) Rukun yang melazimkan thuma’ninah (tenang sejenak) itu ada 4: Ruku', itidal, sujud, duduk antara dua sujud. Thuma’ninah: berdiam setelah bergerak di mana tiap anggota badan tenang di tempatnya, lamanya sekitar ucapan (subhanallah).

(Pasal) Sebab sujud sahwi itu ada 4: Pertama: meninggalkan bagian atau sebagian shalat. Kedua: meninggalkan sesuatu yang membatalkan shalat jika dikerjakan sengaja tetapi tidak membatalkan jika dikerjakan karena lupa. Ketiga: memindah rukun ucapan ke tempat lain. Keempat: mengerjakan rukun fi’li saat dugaan menambah.

(Pasal) Ab’adh (termasuk bagian) shalat itu ada 7: Tasyahhud, duduk tasyahhud, shalawat kepada Nabi saat tasyahhud, shalawat kepada keluarga Nabi saat tasyahhud akhir, qunut, berdiri saat qunut, dan shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan keluarganya dalam qunut.

(Pasal) Shalat batal karena 14 perkara: Hadats, kejatuhan najis kecuali langsung dibuang tanpa dibiarkan,  tersingkap aurat kecuali langsung ditutup, berbicara dua atau satu huruf yang bisa dipahami dengan sengaja, melakukan pembatal puasa dengan sengaja, makan banyak meski lupa, gerakan tiga kali yang berturut-turut meskipun lupa, melompat yang keras, memukul keras, menambah rukun fi’li dengan sengaja, mendahului iman dalam dua rukun dan ketinggalan imam dua rukun tanpa uzur, niat memutus shalat, sengaja memutus shalat dengan sesuatu, dan ragu-ragu dalam membatalkan shalat.

(Pasal) Shalat yang mengharuskan meniatkan imamah itu ada 4: Shalat jum'at, mu’adah (mengulang shalat berjamaah), nazar shalat berjamaah, dan jamak takdim saat hujan.

(Pasal) Syarat mengikuti imam (menjadi makmum) itu ada 11: Mengetahui shalatnya imam tidak batal baik karena hadats atau lainnya, meyakini shalatnya tidak perlu diulang (dianggap tidak sah), imam tidak menjadi makmum, imam tidak ummi (tidak bisa baca-tulis), makmum tidak mendahului imam dalam tempat, mengetahui perpindahan gerakan imam, imam dan makmum berkumpul dalam satu masjid atau kira-kira 300 hasta, meniatkan menjadi makmum atau berjamaah, shalat keduanya bersesuaian (berurutan), tidak menyelisihi imam dalam sunnah, dan mengikuti imam.

(Pasal) Gambaran makmum itu ada 9 kasus: Hanya 5 kasus yang sah: laki-laki bermakmum kepada laki-laki,  perempuan bermakmum kepada laki-laki, waria bermakmum kepada laki-laki,  perempuan bermakmum kepada waria, dan peremuan bermakmum kepada perempuan. 4 kasus lainnya batal shalatnya: laki-laki bermakmum kepada perempuan, laki-laki bermakmum kepada waria, waria bermakmum kepada wanita, dan waria bermakmum kepada waria.

(Pasal) Syarat jama' takdim itu ada 4: Dimulai dari shalat pertama, niat jama', muwalah (tanpa diselingi) di antara keduanya, dan adanya uzur.

(Pasal) Syarat jama' takhir itu ada 2: Niat jama' takhir di waktu shalat pertama yang kira-kira cukup mengerjakannya dan adanya uzur hingga sempurnya waktu kedua.

(Pasal) Syarat Qashar (meringkas shalat) itu ada 7: Jarak safar (minimal) 2 marhalah, safarnya mubah, mengetahui qasharnya diperbolehkan, niat qashar saat takbiratul ihram, shalatnya jenis shalat 4 rakaat, dalam keadaan safar hingga sempurna, dan tidak menjadi makmum bagi imam sempurna meski sebagian rakaat saja.

*******

(فصل) شروط الجمعة ستة :
أن تكون كلها في وقت الظهر ، وأن تقام في خطة البلد ، وأن تصلي جماعة ، وأن يكونوا أربعين أحرارا ذكورا بالغين مستوطنين ، وألا تسبقها ولا تقارنها جمعة في تلك البلد ، وأن يتقدمها خطبتان .

(فصل) أركان الخطبتين خمسة :
حمد الله فيهما ، والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيهما ، والوصية بالتقوى فيهما ، وقراءة آية من القرآن في أحداهما ، والدعاء للمؤمنين والمؤمنات في الأخيرة .

(فصل) شروط الخطبتين عشرة :
الطهارة عن الحدثين الأصغر والأكبر ، والطهارة عن النجاسة في الثوب والبدن والمكان ، وستر العورة ، والقيام على القادر ، والجلوس فوق طمأنينة الصلاة ، والموالاة بينهما ، والموالاة بينهما وبين الصلاة ، وأن تكون بالعربية ، وأن يسمعها أربعون ، وأن تكون كلها في وقت الظهر .

(Pasal) Syarat shalat Jumat itu ada 6: Dikerjakan di waktu Zhuhur, didirikan di perbatasan daerahnya, dikerjakan dengan berjamaah,  berjumlah (minimal) 40 orang merdeka laki-laki baligh yang bermukim, tidak didahului atau berbarengan jumatan lainnya di daerah tersebut, dan didahului 2 khutbah.

(Pasal) Rukun khutbatain (2 khutbah) itu ada 5: Memuji Allah di keduanya, bersholawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di keduanya,  berwasiat taqwa di keduanya,  membaca ayat al-Qur’an di salah satu keduanya, dan mendoakan orang-orang beriman lelaki dan peremuan di khutbah terakhir.

(Pasal) Syarat khutbatain (2 khutbah) itu ada 10: Suci dari dua hadats yaitu kecil dan besar, suci dari najis pada baju, badan, dan tempat, menutup aurat, berdiri bagi yang mampu, duduk di antara dua khutbah seperti thuma’ninah shalat, muwalah (tanpa diselingi apapun) keduanya, muwalah keduanya dengan shalat, khutbah berbahasa Arab, didengarkan oleh 40 orang, dan semua itu dilaksanakan di waktu Zhuhur.


Referensi

  • al-Imam Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi. Shahih Muslim. 1419 H. Bait al-Afkar ad-Dauliyyah Riyadh.
  • asy-Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhrami. Matan Safinah an-Najah fii maa Yajibu ‘alaa al-‘Abdi lii Maulah. 1430 H. Dar al-Minhaj Beirut.

0 Comment for "Terjemah Matan Safinah an-Najah (Kitab Shalat)"

Rasulullah bersabda: “al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu.” Kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya dan kedua orangtuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Qur’an.” (HR. ath-Thabrani)

Back To Top