Kisah-Kisah Para Nabi dan Rasul

“Jumlah para nabi 124.000 orang, 315 diantara mereka adalah rasul. Banyak sekali.” (HR. Ahmad no. 22288)


Nabi dan Rasul adalah mereka yang diberikan wahyu oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Ulama mengatakan bahwa Nabi adalah seorang yang diberi wahyu oleh Allah subhanahu wa ta’ala dengan suatu syari’at namun tidak diperintah untuk menyampaikannya, akan tetapi mengamalkannya sendiri tanpa ada keharusan untuk menyampaikannya. Sedangkan Rasul adalah seorang yang mendapat wahyu dari Allah subhanahu wa ta’ala dengan suatu syari’at dan ia diperintahkan untuk menyampaikannya dan mengamalkannya. Sebagian rasul-rasul itu dikisahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam al-Qur’an dan sebagian yang lain tidak dikisahkan.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَنْ لَمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ

“Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mu’jizat melainkan dengan seizin Allah.” (QS. Ghafir [40] :  78)

Setiap rasul pasti nabi, namun tidak setiap nabi itu rasul. Jadi jumlah para nabi itu jauh lebih banyak daripada jumlah para rasul. Berdasarkan riwayat yang shahih, jumlah nabi adalah 124.000 dan jumlah rasul adalah 315, sebagaimana dalam riwayat Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Abu Dzar al-Ghifari radhiyallahu ‘anhu bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai jumlah para nabi dan rasul. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab:

مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا

“Jumlah para nabi 124.000 orang, 315 diantara mereka adalah rasul. Banyak sekali.” (HR. Ahmad no. 22288)

Nabi dan Rasul yang nama dan kisahnya disebutkan dalam al-Qur’an menurut jumhur ulama berjumlah 25. Beberapa kisah Nabi dan Rasul tidak dijelaskan secara rinci di al-Qur’an dan hanya garis besarnya saja, namun dijelaskan secara rinci melalui hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau atsar para salafus shalih. Nabi dan Rasul yang nama serta kisahnya tertulis di dalam al-Quran berjumlah 25, yaitu sebagai berikut:

·         Kisah Nabi Idris ‘alaihis salam 
·         Air Bah Menutup Seluruh Dunia
·         Musnahnya Kaum Sodom
·         Kisah Nabi Ishaq ‘alaihis salam 
·         Yusuf dan Zulaikha
·         Samiri dan Patung Anak Sapi
·         Sapi Betina
·         Dawud, Jalut dan Thalut
·         Kisah Wanita yang Dizhalimi
·         Nabi Sulaiman ‘alaihis salam Menjadi Raja Bani Israil
·         Interaksi Nabi Sulaiman ‘alaihis salam dengan Bangsa Jin dan Hewan
·         Kisah Nabi Sulaiman ‘alaihis salam dan Bilqis Ratu Saba
·         Sang Pencuri Angsa
·         Nabi Yunus ‘alaihis salam di Dalam Perut Ikan
Nabi Zakariyya ‘alaihis salam
·         Kisah Nabi Zakariyya ‘alaihis salam dan Maryam
·         Dakwah Nabi Zakariyya ‘alaihis salam kepada Bani Israil
Nabi Yahya ‘alaihis salam
·         Kelahiran Nabi Yahya ‘alihis salam
·         Dakwah Nabi Yahya ‘alaihis salam dan Kedurhakaan Bani Israil
Nabi ‘Isa ‘alaihis salam
·         Kisah Kelahiran Nabi ‘Isa ‘alaihis salam
·         Aqidah Islam Mengenai Kapan Nabi ‘Isa ‘alaihis salam Dilahirkan
·         Dakwah Nabi ‘Isa ‘alaihis salam kepada Bani Israil
·         Siapakah yang Disalib? Nabi ‘Isa ‘alaihis salam atau Yudas Iskariuz?
·         Turunnya Nabi ‘Isa ‘alaihis salam di Akhir Zaman
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihis wa sallam

al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitab beliau yaitu Qishash al-Anbiya’ (Kisah-Kisah Para Nabi) meriwayatkan berbagai kisah para Nabi dan Rasul selain kisah 25 Nabi dan Rasul di atas. Nabi dan Rasul selain 25 nama di atas yang diriwayatkan kisahnya oleh al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitabnya antara lain:

Akhnukh (Para Ulama Tafsir dan Sejarah menyatakan bahwa beliau adalah Nabi Idris ‘alaihis salam)
‘Abir (Para Ulama Tafsir dan Sejarah menyatakan bahwa beliau adalah Nabi Hud ‘alaihis salam)
Kalib bin Yufana
Asy’aya
Hizkiyal

Selain nama-nama di atas, beberapa nama Nabi dan Rasul yang tercatat berdasarkan sejarah atau tradisi Islam. Sebagian besar dari mereka adalah Nabi dan Rasul yang diutus kepada Bani Israil dan nama-nama mereka tercatat di dalam Taurat dan Injil. Nabi dan Rasul yang tercatat dalam sejarah dan tradisi Islam antara lain:

Sam
‘Aili
Akhiyya
Syima’iyya
Iddu
Hanani
Yahu
Mikayya
Ili’azar
Zakariyya bin Yahuyada’
Uriyya
Syadrakh, Misyakh dan ‘Abadnighu
Barakhiyya
Sami
Yuil
‘Amus
‘Ubadiyya
Mikha
Nahum
Habaqquq
Shafanyyia
Hajjai
Malakhi
Beberapa Nabi dan Rasul yang tidak disebutkan namanya baik di al-Qur’an maupun as-Sunnah, namun nama mereka disebutkan dalam beberapa kitab tafsir al-Qur’an antara lain:

Shaduq, Mashduq dan Shalum
Husyi’a
Zakariyya bin Barakhiyya

Beberapa nama di atas bahkan kisahnya tertulis di dalam al-Qur’an. Para ulama sendiri berbeda pendapat mengenai status kenabian mereka, seperti status kenabian dari Habil yang merupakan putra Nabi Adam ‘alaihis salam, apakah beliau seorang nabi atau bukan. 

Dan yang terakhir adalah beberapa nama yang para ulama berbeda pendapat mengenai status kenabiannya, nama-nama tersebut tertulis di dalam al-Qur’an. Mereka adalah:

Dzulqarnain
Thalut
Maryam binti Imran

            Beberapa cendekiawan muslim berselisih mengenai status mereka, apakah mereka adalah seorang Nabi dan Rasul atau hanya sebatas Wali atau orang shalih seperti sosok Luqman al-Hakim dan Dzulqarnain. Begitupula sosok Maryam binti Imran yang menurut al-Imam Ibnu Hazm al-Andalusi rahimahullah beliau adalah seorang Nabiyah (Nabi Wanita), al-Imam Ibnu Hazm al-Andalusi rahimahullah menyatakan bahwa Maryam binti Imran adalah seorang Nabi karena beliau mendapatkan kabar gembira dari Allah subhanahu wa ta’ala melalui malaikat Jibril ‘alaihis salam, hal ini pun disepakati oleh al-Imam al-Qurthubi dan al-Imam Abu Hasan al-Asy’ari rahimahumallah, akan tetapi jumhur ulama menyatakan bahwa pendapat ini tidak tepat karena Maryam binti Imran tidak memenuhi salah satu syarat yaitu bahwasanya seorang Nabi haruslah seorang laki-laki sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala:

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ مِنْ أَهْلِ الْقُرَى

“Tidaklah Kami mengutus sebelum kamu, kecuali dari kalangan lelaki yang Kami wahyukan kepada mereka, di kalangan penduduk negeri.” (QS. Yusuf [12] : 109)

Namun secara garis besar, mereka semua adalah seorang yang bertauhid dan karena ketauhidan mereka, Allah subhanahu wa ta’ala telah memberikan kemuliaan kepada mereka.

Untuk mengetahui kisah-kisah para Nabi dan Rasul di atas, silahkan di klik pada nama Nabi atau Rasul yang ingin dibaca kisahnya. Jika link aktif, maka akan terbuka jendela baru dan kisah telah penulis tuliskan di website www.sharingseputarislam.com, jika belum aktif maka penulis insyaa Allah akan segera melengkapinya. Penulis pun menerima koreksi, kritik yang membangun, atau tulisan dari pembaca untuk melengkapi kisah-kisah para Nabi dan Rasul di atas. Semoga kisah-kisah mereka bisa menjadi motivasi bagi kita dalam mendakwahkan Tauhid.

0 Comment for "Kisah-Kisah Para Nabi dan Rasul"

Rasulullah bersabda: “al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu.” Kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya dan kedua orangtuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Qur’an.” (HR. ath-Thabrani)

Back To Top