Do'a Ketika Memasuki Rumah Kosong

“Jika seseorang masuk rumah yang tidak didiami, maka ucapkanlah “Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shalihiin (Keselamatan bagi diri kami dan keselamatan bagi hamba Allah yang shalih).” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 1055)



Sebagian dari kita pasti kebingungan mengenai apakah kita harus mengucapkan salam jika memasuki rumah yang kosong, misalnya sebuah keluarga yang baru saja bepergian meninggalkan rumah mereka dalam keadaan tak ada siapapun, kemudian saat kembali apakah mereka harus mengucapkan salam atau langsung masuk rumah begitu saja? Berikut penjelasannya.

            Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS. An Nur [24] :  61)

            Dari zhohir ayat diatas, kita diperintahkan untuk mengucapkan salam kepada rumah yang akan kita masuki jika didalamnya ada penghuninya. Sedangkan mengucapkan salam pada rumah yang tidak berpenghuni atau tidak ada seorang pun di rumah tersebut tidaklah wajib, namun hanya disunnahkan saja. Lalu bagaimana tata cara pengucapan salam kepada rumah yang kososng tak berpenghuni?

            Diriwayatkan oleh Imam Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari rahimahullah dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad, dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata:

إذا دخل البيت غير المسكون، فليقل: السلام علينا، وعلى عباد الله الصالحين

“Jika seseorang masuk rumah yang tidak didiami, maka ucapkanlah “Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shalihiin (Keselamatan bagi diri kami dan keselamatan bagi hamba Allah yang shalih).” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 1055)

Imam An-Nawawi rahimahullah dalam kitab Al-Adzkar berkata:

ويستحبّ إذا دخلَ بيتَه أن يُسلِّم وإن لم يكن فيه أحد، وليقل: السَّلامُ عَلَيْنا وعلى عِبادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ.وقد قدَّمنا في أول الكتاب بيان ما يقوله إذا دخل بيته وكذا إذا دخل مسجداً أو بيتاً لغيره ليس فيه أحد، يُستحبّ أن يُسلِّم، وأن يقول: السَّلامُ عَلَيْنا وَعلى عِباد اللَّهِ الصَّالِحِين، السَّلامُ عَلَيْكُمْ أهْلَ البَيْتِ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

“Disunnahkan bila seseorang memasuki rumah sendiri untuk mengucapkan salam meskipun tidak ada penghuninya. Yaitu ucapkanlah “Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shalihiin”. Begitu pula ketika memasuki masjid, rumah orang lain yang kosong, disunnahkan pula mengucapkan salam yang salam “Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shalihiin. Assalamu ‘alaikum ahlal bait wa rahmatullah wa barakatuh”. (Al-Adzkar, Jilid 1 hal. 257-258)

            Demikianlah penjelasan ringkas mengenai do’a yang diucapkan ketika memasuki rumah yang kosong atau tidak berpenghuni. Wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

0 Comment for "Do'a Ketika Memasuki Rumah Kosong"

Rasulullah bersabda: “al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu.” Kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya dan kedua orangtuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Qur’an.” (HR. ath-Thabrani)

Back To Top